FORTASI MATSMURI 2022


MTs Muhammadiyah Wonosari Memasuki Tahun ajaran Baru Tahun 2022/2023, MTs Muhammadiyah Wonosari atau Matsmuri menyelenggarakan Forum Ta’aruf dan Orientasi atau yang akrab disebut FORTASI. Kegiatan tersebut diadakan pada hari pertama masuk sekolah dan wajib diikuti semua siswa baru dengan tujuan pengenalan Lingkungan Madrasah, Program sekolah, metode belajar dan sarana dan prasarana sekolah sebagaimana MPLS di sekolah pada umumnya yang disesuaikan dengan permendikbud nomor 18 tahun 2016.

Diikuti oleh siswa kelas tujuh keseluruhan yang dimulai pada tanggal 11-13 Juli 2022. Acara dibuka oleh Bapak Kepala Madrasah Bapak Triyono,S.Pd.I dalam kesempatan itu diwakili Ibu Astari Tri Susanti, S.Pd. dalam sambutannya Ibu Astari menyampaikan selamat datang dan juga memberi semangat para siswa untuk mengikuti kegiatan FORTASI sampai selesai. Kegiatan ini diharapkan dilakukan dalam bentuk yang kreatif dan adukatif. Nantinya siswa-siswa bisa mengenal Bapak/Ibu Guru, teman-teman baik yang seangkatan maupun kakak kelas dan lingkungan madrasah. Diharap juga mengenal dan melakukan pembiasaan di Madrasah serta dapat beradaptasi untuk mempersiapkan diri dan mengikuti proses belajar yang efektif.

Fortasi diawali dengan penyambutan siswa baru oleh Bapak Kepala Madrasah, Bapak/Ibu Guru, karyawan serta PR IPM Matsmuri memasuki halaman Madrasah dilanjutkan perkenalan Bapak/Ibu Guru dan karyawan untuk mengembangkan sebuah interaksi yang positif dengan warga sekolah. Siswa baru juga dikenalkan dengan ruangan dan fasilitas di Matsmuri. Dalam pelaksanaan kegiatan itu pula siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dan didampingi satu kakak kelas dari PR IPM Matsmuri. Melalui kegiatan tersebut siswa diharapkan sikap dan perilaku yang membangun karakter yaitu disiplin, tanggung jawab, kerjasama, saling menghargai menghormati persatuan dan keanekaragaman. Di dalam fortasi juga diadakan ajang pencarian bakat untuk menggali potensi diri dan permainan yang menarik.

Pada kegiatan Fortasi ini diberikan juga pengenalan dan wawasan Kemuhammadiyahan, dikarenakan hal ini berkaitan dengan persyarikatan dan identitas Madrasah Muhammadiyah. Yang mencakup sejarah, kaderisasi dan Lagu Mars Muhammadiyah. Kemudian yang selanjutnya tentang adab/sopan santun dan tata tertib juga disosialisasikan sebagai penegakan kedisplinan di Madrasah. Mengatur tata cara berbicara dan bersikap dalam kehidupan sehari-hari di sekolah berikut larangan dan sanksi jika melanggar.

Untuk menambah rasa kegembiraan diadakanlah sesi hiburan dengan menampilkan siswa dalam bakat mereka, permainan dan tukar kado. Apresiasi juga diberikan kepada siswa baru dalam bentuk pemberian hadiah dalam prestasi berkegiatan. Masih serangkaian dengan FORTASI tersebut, terdapat kegiatan PBB yaitu pengenalan baris berbaris. Siswa dilatih kedisiplinan dan juga kemandirian. PBB adalah salah satu materi wajib pada MPLS seperti sikap sempurna, gerakan di tempat, perubahan arah dan perpindahan/ berjalan.

Dengan selesainya FORTASI, siswa-siswa diharap akan lebih mengenal Lingkungan Madrasah dan hal yang terkait dengan Madrasah, memiliki motivasi  sebagai bekal menyongsong kegiatan pembelajaran di Madrasah. Matsmuri optimis siswa-siswa akan lebih siap dan bersemangat. 


Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 comments:

Posting Komentar

 
MTs Muhammadiyah Wonosari © 2010 | Alamat : Jl. Alun-Alun Barat No.09 Wonosari,Gunungkidul, D.I.Yogyakarta | Telp : (0274) 392952.
Top